Pengertian Flowchart dan Cara Memanfaatkannya


Ketika menggunakan atau membaca sebuah hasil kerja, pasti Anda pernah melihat gambar dalam bentuk simbol-simbol untuk mendukung penjelasan file tersebut. Simbol-simbol itu di dalam Microsoft Word disebut dengan juga flowchart.

Pengertian flowchart dan fungsinya secara umum sangat banyak sekali yaitu untuk bisa mendukung dokumen menjadi jauh lebih jelas.

Sebenarnya penggunaan flowchart ini tidak hanya pada Microsoft Word saja. Tapi pada semua dokumen yang membutuhkan biasanya akan memakai simbol-simbol tersebut untuk memperjelas.

Biasanya terkait dengan suatu proses atau tahapan yang memiliki tingkatan. Sehingga akan menggunakan simbol untuk menunjukkan tingkatan dari tahapan tersebut.

Apa Itu Flowchart?

Apa Itu Flowchart

Flowchart adalah salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan pada sebuah dokumen yang isinya mengenai program atau sistem. Tapi mungkin Anda masih bertanya-tanya sebenarnya apa itu flowchart.

Secara sederhana, flowchart adalah sebuah urutan beberapa gambar yang akan memberikan penjelasan dan uraian mengenai suatu proses kegiatan atau sistem yang sedang berjalan.

Jadi dengan adanya flowchart ini, Anda tidak perlu lagi melihat secara langsung bagaimana suatu proses kegiatan berjalan.

Namun Anda hanya perlu melihat flowchart maka sudah bisa diketahui bagaimana proses kegiatan atau sistem tersebut. Tidak heran jika banyak sekali yang memanfaatkan flowchart ini untuk mempermudah segala aktivitas sehari-hari.

Terutama yang menyangkut dengan sebuah prosedur, program atau sistem dalam skala yang besar. Tentunya akan sangat kesulitan sekali jika membaca bagaimana prosedur itu berjalan tanpa adanya flowchart ini.

Flowchart akan menjadi sebuah peta kecil yang isinya uraian apa saja yang terjadi dan dijelaskan dengan rinci.

Sehingga untuk skala besar akan mudah melakukan evaluasi pada suatu prosedur atau program tertentu.

Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Mungkin setelah membaca penjelasan singkat apa itu flowchart di atas, Anda masih bingung sebenarnya apa pengertian flowchart itu.

Ada banyak sekali ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian simbol-simbol ini. Berikut ini beberapa penjelasannya:

Pada sebuah jurnal tahun 2010 lalu, Pahlevy mengungkapkan pendapatnya mengenai pandangan terhadap apa itu flowchart.

Dia menjelaskan bahwa pengertiannya adalah suatu gambaran yang diciptakan dalam sebuah diagram yang mengalir untuk menjabarkan algoritma dari sebuah pemrograman.

Pada diagram yang mengalir tersebut dibuat untuk bisa menjelaskan sebuah arah dari alur program yang dituju.

Kemudian ada juga pendapat mengenai arti dari flowchart juga datang dari Indrajani. Dia menguraikan bahwa ini merupakan sebuah penggambaran yang digunakan pada bentuk grafik.

Isi dari penggambaran ini yaitu beberapa langkah dari suatu program yang dibuat dengan berdasarkan urutan yang sudah ada pada prosedur program tersebut.

Sehingga bisa dikatakan bahwa flowchart merupakan simbol yang isi didalamnya merupakan tahapan dari program yang terdapat pada dokumen tersebut.

Dari dua pendapat mengenai arti flowchart di atas, Jogiyanto juga mengeluarkan pandangannya yang hampir memiliki kesamaan.

Dia menerangkan bagan alir itu disebut juga dengan flowchart di mana itu merupakan sebuah bagan yang digunakan untuk menunjukkan suatu alir, proses, arus atau flow.

Penggunaan bagan itu terjadi pada sebuah program bersama dengan penggunaan prosedur sistematis dan juga logis.

Pada sebuah buku karya dari Krismiaji tahun 2010 dengan judul Informasi dan Akuntansi, beliau juga memberikan penjelasan tentang apa itu flowchart.

Beliau menguraikan bahwa itu merupakan teknik dalam analitis untuk bisa memberikan penjelasan beberapa aspek dari tahapan atau urutan suatu sistem yang berisi informasi.

Kemudian setiap aspek yang dijelaskan pada bagan alir tersebut harus memiliki sifat yang tepat, logis dan juga jelas.

Selanjutnya pendapat dari Sariadin Siallagan yang menjelaskan bagan alir yaitu sebuah diagram atau bagan alir yang dalam pembuatannya memanfaatkan simbol.

Kemudian simbol itu digunakan untuk memberikan uraian mengenai sebuah program atau untuk menyelesaikan suatu masalah.

Pengertian Flowchart secara Umum

Pengertian secara Umum

Nah setelah memahami pengertian flowchart dari para ahli maka Anda juga bisa mencoba memahaminya berdasarkan pengertian secara umum. Karena pengertian dari para ahli biasanya akan bersifat akademis.

Sehingga jika melihat pada prakteknya mungkin akan ada beberapa perbedaan dari segi bahasa meski secara umum memiliki arti yang sama.

Secara umum flowchart ini adalah bagan yang dalam proses pembuatannya didasarkan pada sebuah program, sistem, tahapan atau alur. Kemudian bagan itu juga memanfaatkan beberapa simbol tertentu yang menggambarkan tingkatan tahapan tersebut.

Biasanya banyak sekali orang yang memanfaatkan flowchart ini untuk bisa memberikan penjelasan pada urutan proses.

Selain itu juga untuk menjelaskan hubungan antara instruksi satu dengan beberapa instruksi yang lainnya dari sebuah program dengan lengkap dan juga urut.

Jika Anda perhatikan maka flowchart ini memiliki kaitan yang cukup erat dengan Data Flow Diagram atau disingkat dengan DFD.

Untuk DFD sendiri merupakan bagan atau diagram yang dalam penggambarannya menggunakan notasi untuk bisa memberikan penjelasan tentang arus data sistem.

Banyak orang yang menganggap antara flowchart dan DFD adalah sama. Padahal sebenarnya keduanya berbeda meski terkesan memiliki kesamaan. Perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah pada fungsi penggunaanya sehari-hari.

Untuk DFD biasanya difungsikan untuk menampilkan bagaimana alur data dari sebuah program. Kemudian jika Anda pahami dengan baik, untuk fungsi dari flowchart ini adalah untuk menampilkan alur kerja dalam bentuk diagram.

Cara Memanfaatkan Flowchart

Setelah mengetahui beberapa penjelasan mengenai pengertian flowchart, maka Anda juga harus bisa memahami manfaat dari flowchart ini.

Sehingga Anda bisa mengerti dengan jelas apa itu sebenarnya flowchart dan bisa membedakannya dengan DFD yang memiliki banyak kesamaan. Berikut ini beberapa fungsinya:

1. Membuat Rancangan Proyek

Membuat Rancangan Proyek

Pada penggunaan sehari-hari, flowchart ini digunakan untuk mendesain sebuah proyek yang sedang direncanakan.

Cara penggunanya yaitu dengan membuat peta dari apa yang menjadi proyek tersebut ke dalam diagram alir. Jadi akan membuat proyek dan alurnya menjadi lebih jelas dan mudah untuk dipahami.

Dengan cara menggunakan flowchart juga Anda akan lebih mudah untuk membuat rencana proyek dan kemudian mewujudkan rencana tersebut.

Karena tanpa adanya rancangan proyek yang jelas dengan bantuan flowchart ini, maka Anda akan sangat kebingungan untuk mengetahui tahapannya.

Walaupun sudah menggunakan flowchart, tapi penjelasan pada setiap bagan alir juga harus tepat dan juga jelas. Sehingga proses analisa akan menjadi lebih mudah.

2. Dokumentasi Proses Kerja dari sebuah Program

Dokumentasi Proses Kerja dari sebuah Program

Manfaat flowchart selanjutnya biasanya juga digunakan untuk dokumentasi proses kerja dari sebuah program tertentu. Tujuan dari dokumentasi ini sangat penting sekali terutama untuk pembuatan program yang baru.

Sehingga pada akhirnya nanti bisa dijadikan sebuah referensi untuk membuat program selanjutnya yang lebih baik lagi.

Jika tidak menggunakan sebuah dokumentasi dari proses kerja, maka akan sangat sulit sekali melakukan proses pengembangan program. Karena tidak ada data masa lalu yang bisa digunakan sebagai acuan dan perbaikan.

3. Mengelola Alur Kerja

Mengelola Alur Kerja

Layaknya fungsi sebelumnya yaitu untuk dokumentasi proses kerja, flowchart juga digunakan untuk pengelolaan alur kerja dengan bantuan hasil dokumentasi tadi.

Dengan adanya pengelolaan alur kerja ini lewat flowchart, maka akan bisa menciptakan sebuah program yang baru dan berkualitas tinggi.

Pengelolaan mempertimbangkan integritas dari prosedur yang dibuat pada pengerjaan program tersebut. Agar bisa menciptakan program di masa depan yang jauh lebih baik lagi dengan didasarkan perbaikan dari alur kerja sebelumnya

4. Melakukan Audit Proses Kerja

Melakukan Audit Proses Kerja

Dari beberapa penjelasan mengenai apa itu flowchart sebelumnya, Anda akan memahami bahwa pada setiap bagan alir memiliki penjelasan dari suatu program. Nah ini memiliki fungsi yang cukup vital untuk bisa melakukan audit dari proses kerja yang ada.

Karena Anda akan bisa menganalisa dengan mudah dan tepat berdasarkan flowchart alur proses yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi akan bisa terbaca dengan baik pada alur mana terjadi kesalahan dan yang membutuhkan perbaikan.

Penting sekali memahami apa itu flowchart dan beberapa fungsinya. Dengan ini sekarang Anda bisa mencoba menggunakan flowchart ini untuk bisa meningkatkan kinerja dan juga kualitas hasil kerja menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Baca Juga:



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *