Mengenal Entrepreneur dan Tips Menjadi Entrepreneur Sukses


Ada banyak orang yang ingin mencoba menjadi pebisnis atau yang sering disebut dengan entrepreneur. Terutama bagi orang yang memang berbakat dalam berbisnis atau membuka suatu jenis usaha.

Entrepreneur adalah seseorang yang disebut dengan wirausahawan yang melakukan segala aktivitas usaha, yang memiliki kemampuan dalam mengenali sebuah produk dan tahu cara memasarkannya.

Kemampuan lainnya yang harus atau biasanya dimiliki oleh seorang entrepeneur yaitu menentukan cara dalam produksi yang baru, mengatur bagian permodalan dalam operasional, menyusun manajemen operasi pengadaan pada produk baru, dan masih banyak lagi.

Seorang entrepreneur juga dituntut untuk mampu menjual produk/jasa yang dimilikinya dalam jumlah besar.

Pengertian Entrepreneur

Apabila Anda masih belum paham sepenuhnya mengenai pengertian atau definisi dari entrepreneur ini, maka Anda bisa menyelami pengertiannya melalui pendapat dari para ahli. Berikut ini pengertian entrepreneur menurut para ahli yang perlu Anda ketahui:

Mampu menerima risiko dan peluang sekaligus dari suatu ide/gagasan bisnis tertentu harus dimiliki oleh seorang enterpreneur, seorang entrepreneur, juga harus menciptakan sebuah peluang baru yang memajukan bisnis itu sendiri. Itulah definisi enterpreneur menurut Ebert, Griffin.

Entrepreneur adalah orang mampu menanggung segala jenis risiko dari sebuah bisnis kepemilikan, yang dimana sasaran utamanya yang terkena ketika gagal adalah ada pada perkembangan dan pertumbuhan bisnis itu sendiri.

Menurut ahli yang satu ini, entrepreneur adalah seseorang yang bisa menciptakan sebuah bisnis yang baru tetapi memiliki banyak risiko dan ketidakpastian.

Maka orang tersebut harus bisa mengidentifikasi peluang apa saja serta mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan dalam bisnisnya, demi tujuan keuntungan dan pertumbuhan.

Seseorang dengan ide yang kreatif dan juga inovatif dalam hal usaha/bisnis disebut dengan entrepreneur. Pengertian tersebut dikemukakan oleh Thomberry.

Dan menurutnya lagi, seorang entrepreneur juga harus bisa melihat peluang apa saja, yang ada di pasar dan nantinya akan mengubah mimpi mereka menjadi nyata.

Penerapan inovasi baru dan kreativitas dalam pemecahan masalah, memanfaatkan segala peluang yang ada, menjadi tugas dari seorang entrepreneur menurut Thomas W Zimmerer.

Kemampuan dalam menciptakan suatu hal yang unik dan berbeda, merupakan jati diri seorang entrepreneur yang sesungguhnya menurut Peter F Drucker.

Mindset yang Harus Dibangun oleh Seorang Entrepreneur

Mindset Entrepreneur

Untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses dan memiliki bisnis yang berkembang pesat, tentu ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan upayakan supaya hal itu menjadi kenyataan. Berikut ini mindset yang harus Anda miliki ketika menjadi seorang entrepreneur:

1. Jangan Berpikir Instan

Ketika Anda memulai suatu bisnis apapun, jangan berpikir bahwa Anda akan sukses dalam waktu cepat atau instan. Keberhasilan dari suatu bisnis baik secara online maupun offline tentu memerlukan proses panjang dan dibutuhkan waktu dalam meraih tujuan.

Namun, apabila Anda tergoda oleh jenis bisnis yang menawarkan sukses dalam waktu cepat, maka kehancurannya pun akan cepat/instan juga. Nikmati saja segala prosesnya dan jangan mudah menyerah.

2. Jangan Berpikir Soal Gratisan

Mindset berikutnya yang harus Anda tanamkan dalam diri ketika memutuskan, untuk menjadi seorang entrepreneur adalah tidak berpikir soal gratisan dalam hal apapun.

Pikiran tentang sesuatu yang gratis dalam berbisnis, bisa menjadi kendala yang harus dihadapi ketika Anda menjalankan suatu usaha/bisnis tertentu.

Misalnya, Anda hanya mau mengikuti pelatihan, seminar, dan investrasi ilmu yang tidak berbayar saja. Padahal ilmu dalam menambah keahlian berbisnis tidak gratis, dan diperlukan usaha yang cukup untuk tujuan kesuksesan tersebut.

Namun jika Anda memang belum memiliki modal yang cukup, Anda bisa belajar secara gratis dengan menambah waktu belajar menjadi lebih banyak.

3. Selalu Siap dan Berani Menghadapi Kegagalan

Kegagalan dalam berbisnis sudah menjadi hal yang biasa bagi seorang pelaku bisnis. Banyak pebisnis sukses dan maju yang pada awalnya mengalami banyak kegagalan terlebih dahulu.

Menjadi seorang entrepreneur memang harus siap dengan segala kemungkinan buruk, misalnya iesiko kegagalan itu sendiri.

Lakukan saja segala yang Anda bisa dan mampu dengan cara terbaik, karena hal itu bisa menjadi cara untuk meminimalisir kegagalan.

Baca Juga:

Langkah-langkah yang Dibutuhkan Entrepreneur dalam Memulai Bisnis

Memulai Bisnis

Dalam memulai bisnis dengan langkah yang tepat diperlukan langkah dan tahapan yang juga tepat agar tidak salah memilih jalan yang akan ditempuh. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda persiapkan dalam memulai bisnis dan ketika menjadi seorang entrepreneur:

1. Mengevaluasi Diri

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memulai bisnis adalah mengevaluasi diri terlebih dahulu.

Anda bisa memulainya dengan pertanyaan, apa tujuan Anda dalam berbisnis? Keahlian apa yang dimiliki? Berapa jumlah modal yang dibutuhkan? Jenis bisnis apa yang cocok dengan passion Anda?

Masih ada banyak lagi cara mengevaluasi diri yang bisa Anda lakukan di awal.

2. Mengevaluasi Bidang Bisnis yang akan Dipilih

Jenis bisnis yang nantinya akan dipilih terkadang menjadi hal yang membingungkan. Maka Anda harus mengevaluasi bidang bisnis tersebut, misalnya menentukan target pasar untuk pembeli yang nanti akan membeli produk Anda, menemukan kompetitor dari produk/jasa yang Anda pilih, dan lain sebagainya.

3. Menjadikan Bisnis Anda Menjadi Bisnis yang Legal

Melegalkan bisnis bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda juga bisa melihat apa saja konsep legal dari bisnis yang Anda jalani, misalnya korporasi, kepemilikan tunggal atau kemitraan.

Menjadi seorang entrepreneur adalah menjadi seorang pelaku bisnis yang siap dengan segala hal di depan nanti. Anda juga harus menghadapi kemungkinan terbaik atau terburuk sekalipun. Jika ingin memulainya, pertimbangkan segalanya dengan santai dan tidak terbutu-buru.



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *