Kegunaan Asuransi BPJS Kesehatan Yang Mutlak

Kegunaan Asuransi BPJS Kesehatan

Di tengah jaman modern yang penuh dinamika sangat cepat ini membuat seseorang mesti pandai dalam mengelola keuangan. Salah satunya dengan membelanjakan uang untuk Kegunaan Asuransi BPJS Kesehatan dan kebutuhan pokok sehari-hari disesuaikan dengan jumlah pemasukan. Jangan sampai terjadi lebih besar pasak dari tiang. Atau lebih besar pengeluaran ketimbang pendapatan yang membuat anda berhutang.

Hal penting lainnya dalam mengatur keuangan keluarga atau pribadi adalah menyiapkan dana darurat. Upaya ini bertujuan untuk membiayai segala peristiwa hal yang tak terduga yang membutuhkan biaya besar. Seperti sakit atau kecelakaan. Disamping itu, ketersediaan dana darurat harus dilengkapi dengan asuransi kesehatan untuk mengkover semua biaya kesehatan yang mahal jika anda sakit kronis atau kecelakaan. Disebabkan dana darurat yang sifatnya terbatas.

Kegunaan Asuransi BPJS Kesehatan Yang Mutlak

Berdasarkan prospek di masa depan, asuransi BPJS kesehatan mempunyai peranan sangat penting. Tidak seperti sekarang ini. Pada masa mendatang, seseorang yang mau mengurus surat ijin usaha, SIM, KTP, PBB dan lain sebagainya harus menyertainya dengan dokumen kartu BPJS kesehatan. Selama seseorang mempunyai kartu asuransi itu maka ia akan dilayani. Dan sebaliknya, jika ia tak memiliki kartu BPJS kesehatan maka ia akan tidak dilayani.

Peran polis Asuransi BPJS Kesehatan di masa datang yang sangat penting dan mendominasi sebagai syarat utama dalam mengurus berbagai dokumen dan keperluan tak terlepas dari target pemerintah yang ingin seluruh warga negara Indonesia mempunyai kartu polis asuransi BPJS kesehatan. Sehingga bagi anda yang tak memiliki BPJS kesehatan untuk berpikir ulang dan mengambil keputusan penting untuk membuat BPJS kesehatan segera.

Gaya hidup masyarakat desa dan kota saat ini sudah mempunyai asuransi kesehatan semuanya yakni BPJS kesehatan. Walaupun di beberapa desa terpencil masih adanya orang yang belum mempunyai BPJS. Namun perlahan tapi pasti mereka akan menjadi peserta BPJS kesehatan melalui peserta yang aktif membayar premi bulanan secara teratur dan tepat waktu maupun mereka yang dibayarkan preminya oleh pemerintah.

Mungkin anda tidak akan merasakan kegunaan dan manfaat BPJS kesehatan di masa sekarang. Tapi percayalah di masa mendatang, anda akan merasakan manfaatnya secara langsung dan tak langsung. Bukan hanya satu tapi segudang. Terutama pada waktu anda mengalami sakit kronis atau kritis yang memerlukan biaya besar untuk pengobatannya.

Sesuai dengan UU Nomor 24 tahun 2011 Mengenai BPJS di terangkan bahwasanya asuransi yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial wajib diikuti oleh semua warga negara Indonesia. Baik bagi kalangan mampu maupun non mampu yang disubsidi iuran premi perbulan oleh pemerintah.

Penyebab Tak Mau Ikut BPJS Kesehatan

Di tengah munculnya BPJS kesehatan dan asuransi kesehatan swasta ada sebagian orang yang tak mau menjadi peserta asuransi itu. Disebabkan banyak hal. Seperti keuangan yang minim dan masih adanya anggapan bahwa asuransi merupakan sesuatu yang haram.

Mereka mengerti betul akan manfaat asuransi kesehatan yang sangat besar untuk membiayai kesehatan seperti ketika sedang sakit. Namun dua hal itulah yang menjadi faktor utamanya. Seperti kata kata mereka yang mengatakan bahwa ikut asuransi sama dengan haram. Karena seperti sebuah perjudian. Sebab kemenangan paling besar adalah saat seseorang meninggal dunia. Sedangkan kemenangan paling kecil adalah saat terbaring sakit di rumah sakit.

Untuk Siapa Asuransi BPJS Kesehatan

Asuransi BPJS kesehatan diperuntukkan bagi seluruh warga negara Indonesia. Baik itu yang masuk kategori orang miskin dan kalangan beruntung. Untuk kalangan miskin tagihan iuran premi bulanan dibayarkan oleh pemerintah. Sedangkan kalangan yang mampu membayar iuran premi perbulan oleh sendirian melalui transfer bank, online, kantor BPJS setempat, alfa dan lain-lain.

Untuk kepala keluarga harus mendaftarkan seluruh anggota keluarganya pada program BPJS kesehatan. Ia menanggung istri dan anak dan tak bisa daftar sendirian. Sehingga iuran premi perbulan lumayan besar yang meliputi premi untuk kepala keluarga, istri dan anak-anaknya. Yang membuat satu keluarga sudah terkover asuransi BPJS kesehatan.

Bagi kalangan miskin sangat perlu memiliki polis asuransi BPJS kesehatan. Disebabkan biaya pengobatan di rumah sakit yang semakin mahal setiap tahun. Sehingga orang-orang kayalah yang bisa membayar semua biaya kesehatan. Untuk orang miskin dapat merasakan fasilitas kesehatan secara gratis melalui asuransi BPJS kesehatan.

Berdasarkan pengamatan dan data dari BPS tahun 2019 masih banyak orang yang belum ikut serta BPJS kesehatan. Inilah yang membuat pemerintah mentargetkan semua penduduk Indonesia sudah ikut serta dalam polis asuransi BPJS kesehatan yang murah di tahun 2020 yang diperkuat dengan undang-undang kelak.

Penyakit Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Ada banyak alasan seseorang tak mengikuti polis BPJS kesehatan. Karena itu termasuk persoalan pribadi sehingga tak bisa diuraikan secara jelas. Namun secara garis besar diakibatkan oleh masalah keuangan dan pengetahuan. Masih banyak orang di tanah air yang belum mengerti penyakit apa saja yang dibiayai oleh BPJS kesehatan. Mereka masih ketakutan ikut program asuransi kesehatan pemerintah ini dan jika mengajukan klaim lalu ditolak.

Untuk mengetahui secara lebih lengkap jenis penyakit apa yang ditanggung biayanya oleh BPJS kesehatan maka anda bisa bertanya langsung kepada petugas BPJS kesehatan di kantor cabang terdekat. Setidaknya ada 155 jenis penyakit yang dikover biayanya oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan termasuk penyakit jantung koroner, HIV AIDS, dan lain sebagainya.

Salah satu penyakit yang tidak dapat ditanggung oleh BPJS kesehatan yaitu ketergantungan narkoba. Disebabkan tindakan ini berkaitan erat dengan kriminalitas atau kejahatan dan terjadi diakibatkan oleh tindakan sendiri. Lalu cedera atau luka yang diakibatkan oleh kecelakaan lalu lintas di jalan atau di tempat kerja tidak dapat ditanggung oleh BPJS kesehatan. Hal tersebut tertuang dalam ketentuan dan pedoman asuransi BPJS kesehatan.

Dua Asuransi Kesehatan Sekaligus

Dalam dunia kerja biasanya perusahaan mendaftarkan secara langsung para karyawannya ke dalam asuransi kesehatan pemerintah ataupun swasta. Hal ini sebagai upaya perusahaan dalam melindungi karyawannya dari biaya rumah sakit yang mahal. 

Namun seiring dengan kewajiban setiap warga negara Indonesia ikut serta dalam asuransi BPJS kesehatan nasional membuat asuransi kesehatan yang dimiliki karyawan bisa dua jenis yaitu asuransi kesehatan swasta dan pemerintah. Hal tersebut sangat berguna bagi karyawan karena bisa saling melengkapi. Di saat karyawan mengalami kecelakaan di jalan raya atau kecelakaan kerja maka dapat difungsikan asuransi kesehatan swasta. Sedangkan pada saat penyembuhan penyakit kronis bisa menggunakan BPJS kesehatan.

Bagi peserta BPJS kesehatan yang akan mengambil asuransi kesehatan swasta maka ia dapat memilih asuransi kesehatan yang dapat menanggung kesehatan secara minimal sehingga biaya premi bulanan lebih murah.

Tidaklah mengapa bagi seorang karyawan mempunyai dua asuransi kesehatan sekaligus. Karena itu bisa membuat asuransi saling melengkapi. Apalagi asuransi BPJS kesehatan merupakan asuransi wajib yang dimiliki setiap orang. Jika melanggarnya maka akan dikenakan sanksi. Bagi perusahaan akan dikenakan sanksi teguran 3 kali sampai denda.

Bagi kalangan perorangan yang tidak mempunyai polis asuransi BPJS kesehatan maka akan tidak bisa mengurus perijinan usaha, mengurus KTP ataupun SIM kelak. Sebegitu pentingnya asuransi kesehatan BPJS dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengikuti asuransi BPJS kesehatan maka anda turut serta dalam menolong dan membantu orang lain yang membutuhkan biaya perawatan dan pengobatan. Sistem yang dijalankan BPJS adalah gotong royong dalam membantu sesama yang sedang mengalami musibah terkena penyakit. Itulah kegunaan asuransi BPJS Kesehatan yang mutlak.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *