Flow Direction, Processing, Input & Output


Deskripsi: Beberapa Simbol Flowchart Utama: 1. Flow Direction Symbols 2. Processing Symbols 3. Simbol Input dan Output. Mengetahui Fungsi dari Flowchart.


Flowchart menjadi bagian yang sangat penting sekali untuk banyak keperluan dokumen. Karena dengan adanya simbol flowchart, proses pembacaan dan pemahaman dokumen yang terkait dengan sebuah sistem akan jauh lebih mudah.

Tapi jika Anda belum mengerti dengan baik masalah flowchart, maka mulai sekarang harus mencoba mempelajarinya. Karena ada banyak sekali simbol-simbol yang digunakan untuk menerangkan suatu sistem pada sebuah dokumen.

Simbol-simbol Flowchart

Jika dikelompokkan sebenarnya ada sebanyak tiga kelompok simbol pada flowchart yang dibedakan berdasarkan tujuan pemakaiannya.

Flow Direction Symbols bertujuan untuk menampilkan sebuah arah arus. Lalu Processing Symbols untuk menampilkan penjelasan dari sebuah sistem dan Input Output yang digunakan untuk petunjuk input dan output. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Flow Direction Symbols

a. Simbol Arus

Simbol Arus

Simbol yang masuk ke dalam kelompok Flow Direction Symbols pertama adalah simbol flow atau arus. Simbol ini memiliki bentuk garis lurus dengan mata panah pada ujungnya.

Tujuan utama dari penggunaan simbol ini adalah untuk menunjukkan atau menampilkan arah perjalanan arus dari proses pada sebuah sistem.

Keberadaan simbolĀ  ini sangat penting pada sebuah bagan alur flowchart. Karena akan menunjukkan kemana arah proses ketika berusaha melakukan analisa.

b. Simbol Connector

Simbol Connector

Simbol Connector memiliki tujuan untuk menyatakan adanya sebuah sambungan atau lanjutan dari proses menuju ke proses lain yang masih berada pada halaman yang sama.

c. Simbol Offline Connector

Simbol Offline Connector

Ada juga simbol yang memiliki kesamaan dengan Connector yaitu bernama Offline Connector.

Penggunaan simbol ini juga sama persis dengan Connector namun perbedaanya Offline Connector menyatakan adanya kelanjutan proses yang berada pada halaman yang berbeda.

2. Processing Symbols

a. Simbol Proses

Simbol Proses

Pertama yaitu simbol proses yang memiliki bentuk sebuah kotak sempurna. Ini menggambarkan sebuah proses yang dijalankan oleh komputer.

Biasanya letak simbol yang satu ini berada di tengah-tengah sebuah proses. Karena menggambarkan proses sedang berlangsung.

b. Simbol Manual

Simbol Manual

Kemudian kebalikan dari simbol proses yaitu simbol manual. Tujuannya adalah untuk menggambarkan bahwa itu adalah proses yang tidak dijalankan oleh komputer atau dijalankan oleh orang tanpa alat otomatis.

c. Simbol Decision

Simbol Decision

Untuk simbol yang satu ini tujuannya adalah untuk bisa menampilkan sebuah kondisi khusus yang memiliki dua kemungkinan jawaban yaitu antara iya atau tidak.

Setiap kondisi khusus yang membuka dua peluang jawaban maka selalu menggunakan simbol Decision ini. Kemudian akan ada beberapa uraian lebih lanjut pada setiap peluang jawaban tersebut.

d. Simbol Predefined Process

Simbol Predefined Process

Predefined Process adalah simbol yang akan menerangkan penyediaan lokasi penyimpanan dari sebuah pengolahan untuk memberikan harga pertama.

e. Simbol Terminal

simbol terminal

Simbol ini memiliki fungsi yang penting untuk menjelaskan suatu alur pada sebuah program. Selain itu juga digunakan untuk menyatakan sebuah awal dari program atau akhir dari program.

Jadi jika Anda melihat simbol ini, maka bisa dipastikan itu adalah awal dari suatu program atau akhir dari program.

f. Simbol Keying Operation

Simbol Keying Operation

Simbol Keying Operation merupakan sebuah simbol flowchart untuk menerangkan semua operasi yang ada di mana prosesnya menggunakan mesin yang memiliki keyboard.

Jadi jika Anda amati maka bentuk dari simbol ini seperti sebuah papan keyboard yang panjang.

g. Simbol Preparation

Simbol Preparation

Simbol ini biasanya menjadi pertanda persiapan penyimpanan yang akan digunakan atau sedang digunakan untuk lokasi pengolahan pada storage.

h. Simbol Delay

Simbol Delay

Simbol Delay ini memiliki fungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk memberikan pertanda bahwa ada proses menunggu yang harus dilakukan. Contohnya adalah proses menunggu surat agar diarsipkan.

i. Simbol Offline Storage

Simbol Offline Storage

Simbol yang memiliki bentuk segitiga terbalik ini bertujuan untuk menampilkan informasi bahwa data yang ada akan disimpan ke dalam suatu media khusus.

j. Simbol Manual Input

Simbol Manual

Simbol Manual Input ini mungkin sedikit aneh karena bentuknya seperti persegi panjang yang tidak sempurna.

Tujuan simbol ini adalah untuk menginformasikan mengenai pemasukan data lewat cara manual dengan memanfaatkan keyboard online.

3. Simbol Input dan Output

a. Simbol Input Output

Simbol Input Output

Bagi Anda yang sering memanfaatkan flowchart untuk menerangkan suatu program, tentunya sudah tidak asing dengan simbol yang satu ini.

Bentuknya berupa jajargenjang memiliki fungsi untuk menyatakan proses input maupun output tanpa digantungkan pada jenis alatnya.

b. Simbol Punched Card

Simbol Punched Card

Selanjutnya ada juga simbol dengan nama Punched Card. Simbol ini akan menunjukkan suatu input yang asalnya adalah dari kartu. Atau juga output ditulis menuju ke sebuah kartu.

c. Simbol Magnetic Tape

Simbol Magnetic Tape

Layaknya simbol Punched Card, untuk Magnetic Tape ini tujuannya adalah menyatakan bahwa input asalnya dari pita magnetis. Atau juga output akan disimpan menuju ke pita magnetis.

d. Simbol Magnetic Disk

Simbol Magnetic Disk

Magnetic Disk akan memberikan penjelasan bahwa input maupun output asalnya adalah dari disk magnetik.

e. Simbol Magnetic Drum

Simbol Magnetic Drum

Kemudian ada juga Magnetic Drum di mana penjelasannya sama dengan beberapa simbol magnetic lainnya. Hanya saja asalnya dari Drum Magnetic

f. Simbol Disk Storage

Simbol Disk Storage

Simbol ini sebenarnya cukup mudah untuk dihafal. Bentuknya yang berbeda membuat Anda mudah mengartikannya. Simbol Disk Storage akan menyatakan bahwa input yang ada asalnya dari disk atau output nantinya akan disimpan dalam sebuah disk.

g. Simbol Document

Simbol Document

Lalu simbol selanjutnya ini biasanya hanya akan menjadi sebuah pertanda saja tanpa ada penjelasan lebih lanjut. Simbol dengan bentuk seperti di atas menjadi isyarat bahwa cetakan keluaran akan berbentuk dokumen yang dicetak pada printer.

h. Simbol Multiple Document

Simbol Multiple Document

Tujuan simbol ini sama saja dengan Simbol Document. Hanya saja dokumen yang ada pada satu simbol ini jumlahnya lebih dari satu.

i. Simbol Display

Simbol Display

Berbeda dengan Simbol Document, untuk Simbol Display ini menerangkan bahwa output akan menggunakan beberapa alat seperti printer, monitor dan lain-lain.

Memang ada banyak sekali simbol flowchart yang tersedia. Setiap simbol juga memiliki tujuan masing-masing. Jadi Anda jangan sampai salah menempatkan simbol jika menggunakan flowchart pada dokumen-dokumen yang penting.

Fungsi dari Flowchart

Fungsi Flowchart

Bagi Anda yang baru mengenal apa itu flowchart paling tidak harus tahu sebenarnya apa saja fungsi dari alat bagan alir ini.

Biasanya flowchart digunakan untuk bisa melakukan analisa, desain, melakukan dokumentasi dan juga manajemen pada sebuah proses, program atau sistem di banyak bidang.

Biasanya flowchart ini akan difungsikan untuk bisa membantu memberikan penjelasan dan penggambaran bagaimana situasi yang terjadi pada sebuah sistem.

Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya dengan cara menempatkan beberapa simbol yang memiliki karakter-karakter khusus dan saling berkesinambungan dengan tanda hubung.

Keberadaan simbol flowchart akan sangat membantu Anda untuk bisa memberikan penjelasan lebih rinci mengenai sebuah alur pada suatu sistem.

Akan dengan mudah melihat apa saja kekurangan dan kelebihan dari alur tersebut hanya dengan menganalisa lewat bantuan flowchart.

Pada kehidupan sehari-hari fungsi flowchart ini sangat banyak sekali. Anda akan bisa menemukannya dengan mudah pada bidang teknik. Karena biasanya membutuhkan sebuah penjelasan alur yang tepat, jelas dan singkat.

Tapi Anda bisa saja menerapkan flowchart ini untuk kehidupan sehari-hari. Agar bisa dilihat dengan jelas apa saja tahapan yang akan dilalui dan apa saja yang akan dilakukan.

Baca Juga:



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *