Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Sesama dan Beda Operator


Pulsa menjadi bagian yang sangat penting untuk segala aktivitas sehari-hari. Tanpa adanya pulsa maka smartphone yang Anda gunakan tidak bisa menjelajah internet.

Banyak juga yang memanfaatkan fitur cara transfer pulsa Telkomsel jika jumlah pulsa sudah sangat sedikit sekali. Agar tetap bisa menggunakan koneksi internet untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Jika Anda merupakan pengguna awal kartu Telkomsel mungkin belum tahu cara untuk menggunakan fitur transfer pulsa ini. Sebenarnya fitur ini sangat familiar sekali bagi para pengguna Telkomsel. Karena caranya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang.

Syarat Transfer Pulsa Telkomsel

Syarat Transfer Pulsa Telkomsel

Bagi para pelanggan setia Telkomsel yang ingin melakukan transfer pulsa harus dengan kartu simPATI, Kartu As dan juga Loop, harus menyisakan pulsa sejumlah Rp2.000.

Jadi Anda tidak akan bisa melakukan transfer pulsa jika sisa pulsa setelah transfer berada di bawah Rp2.000.Oleh karena itu pastikan bahwa jumlah pulsa setelah transfer bisa tersisa sebanyak Rp2.000.

  1. Setiap nomor dari Telkomsel yang melakukan pengiriman pulsa atau transfer ke semua operator dan sesama, maksimal pengiriman per transaksi sampai Rp1.000.000. Kemudian batas minimal pengiriman pulsa setiap transaksi adalah Rp5.000.
  2. Dalam jangka waktu sehari 24 jam, Anda hanya bisa melakukan pengiriman pulsa sebanyak 250 kali saja untuk satu nomor pengirim. Jika ingin melakukan pengiriman di atas 250 kali, maka Anda bisa menggunakan nomor Telkomsel yang lainnya.
  3. Syarat selanjutnya, setiap nomor pengirim yang ingin melakukan transfer pulsa, harus dalam keadaan aktif. Kemudian bagi penerima pulsa syaratnya harus bisa menerima saldo kredit meski sudah berada pada masa tenggang.
  4. Setiap pulsa yang dikirim menuju ke penerima, tidak bisa menambahkan masa aktif kartu. Kemudian jika saat menerima pulsa tersebut pihak penerima masuk ke masa tenggang, maka pulsa Telkomsel yang dikirimkan itu hanya bisa digunakan jika penerima melakukan pengisian pulsa sendiri dan menambahkan masa aktif.

Pulsa yang ada pada nomor Telkomsel bisa dikirim ke nomor lain setelah nomor Telkomsel pengirim sudah aktif selama minimal 3 hari.

1. Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Sesama Telkomsel

a. Lewat USSD

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Lewat USSD

Cara transfer pulsa Telkomsel pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan menu USSD lewat panggilan telepon.

Jika Anda memilih cara ini, tahapannya sangat mudah sekali:

  • Pertama masuklah ke dalam menu dial pad untuk melakukan panggilan telepon.
  • Setelah itu langkah selanjutnya ketik kombinasi angka *858*(isi dengan nomor tujuan yang ingin dikirimi pulsa)*(jumlah pulsa yang ingin dikirimkan)#.
  • Kemudian tekan tombol panggil, maka menu USSD akan mulai berjalan.
  • Tunggulah sampai proses ini menampilkan menu baru untuk pengiriman pulsa.

Pada menu baru tersebut, Anda akan diperintahkan untuk memberikan konfirmasi apakah yakin akan melakukan pengiriman pulsa atau tidak. Lakukan saja beberapa perintah selanjutnya sampai pulsa benar-benar berhasil di transfer.

Baca Juga:

b. Lewat USSD Versi Kedua

Lewat USSD Versi Kedua

Cara kedua adalah dengan menggunakan USSD versi kedua.

Cara ini sebenarnya memiliki banyak persamaan dengan cara pertama tadi. Kombinasi tombol USSD yang digunakan juga sama saja.

Hanya perbedaanya ini harus melewati beberapa tahapan manual dan tidak secara otomatis.

  • Langkah pertama bukalah menu untuk melakukan panggilan.
  • Langkah selanjutnya, tekan kombinasi tombol pada papan telepon yaitu *858#. Tunggu saja sampai muncul pilihan menu selanjutnya.
  • Ketika sudah muncul beberapa pilihan menu, carilah tulisan menu “Transfer Pulsa” dan ketik balasan dengan berdasarkan angka yang ada pada menu tersebut.
  • Biasanya menu transfer pulsa berada pada nomor 1, maka Anda bisa membalas menu USSD itu dengan mengetik angka 1.
  • Jika sudah Anda ketik dan kirim, selanjutnya akan muncul perintah baru yaitu mengisi nomor telepon tujuan yang akan dikirim pulsa. Masukkan saja nomor sasaran dan pastikan nomornya tidak ada kesalahan.
  • Cek kembali nomor tujuan dan tekan tombol panggil.

Tahap selanjutnya jika sudah mengirimkan nomor tujuan, Anda juga wajib mengirimkan informasi jumlah pulsa yang ingin dikirim.

Sebelum mengetik berapa jumlah pulsa yang akan Anda kirim, cobalah untuk mengingat berapa sisa pulsa Anda setelah pengiriman dilakukan.

Jangan sampai jumlah sisa pulsa berada di bawah Rp5.000. Karena berpeluang menyebabkan transaksi pengiriman pulsa mengalami kegagalan.

Kalau sudah Anda hitung dan sisa pulsa masih cukup banyak, langsung saja tekan lagi tombol panggil untuk memproses transfer pulsa.

Salah satu tanda bahwa proses transfer pulsa yang Anda lakukan berhasil diproses adalah akan ada pemberitahuan lewat SMS. Pemberitahuan itu berisi mengenai keterangan status pengiriman pulsa berhasil dikirim atau gagal.

c. Lewat SMS

Lewat SMS

Bagi Anda yang tidak yakin dengan cara transfer pulsa Telkomsel menggunakan menu USSD di atas, bisa mencoba dengan cara lewat pesan singkat atau SMS.

Caranya juga sangat mudah sekali seperti dengan cara menggunakan USSD.

Tapi sebelum masuk ke tahapan pengiriman pulsa, pastikan kembali jumlah pulsa yang Anda miliki mencukupi untuk transfer.

Jangan sampai ternyata pengiriman pulsa mengalami kegagalan karena sisa pulsa yang Anda miliki tidak mencukupi batas minimal.

  • Pertama Anda wajib masuk ke dalam menu pesan singkat di HP.
  • Setelah itu ketik pada pesan singkat yaitu “TPULSA (spasi) jumlah pulsa yang akan Anda kirimkan”.
  • Kemudian kirimkan pesan tersebut menuju ke nomor tujuan yang ingin dikirimi pulsa. Contohnya: TPULSA 20000 dan kirim 0812344567986.

Kunci utama dari cara ini adalah Anda jangan sampai salah nomor pengiriman. Jika salah maka pulsa Anda akan hangus. Karena transaksi tidak bisa dibatalkan.

d. Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara selanjutnya ini terbilang cukup modern karena memanfaatkan aplikasi dari Telkomsel yaitu MyTelkomsel.

  • Tahap pertama bukalah aplikasi MyTelkomsel dan jika belum memiliki berarti Anda wajib mendownloadnya di Play Store atau App Store.
  • Tahap selanjutnya masuk ke dalam menu dengan tulisan “Gift”.

Menu ini merupakan sebuah fitur pemberian hadiah kepada orang lain atau gift. Pemberian itu bisa berupa pulsa dan lain-lain.

Ketika sudah di dalam menu Gift tadi, maka Anda wajib untuk memasukkan nomor tujuan yang ingin dikirimi pulsa Telkomsel.

  • Kemudian pulih tulisan “Transfer Pulsa” dan pilih beberapa metode pembayaran yang tersedia.
  • Pilih sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Jika sudah, Anda wajib untuk mengisikan kode OTP untuk menghindari aksi-aksi penipuan.

Salah satu tanda jika transaksi yang Anda lakukan berhasil adalah muncul suatu pemberitahuan yang mengatakan bahwa proses transfer pulsa berhasil.

Baca Juga:

2. Transfer Pulsa Telkomsel ke Beda Operator

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Beda Operator

Nah untuk cara transfer pulsa beda operator sangat mudah sekali. Anda hanya perlu melakukan beberapa cara di atas yang sudah dibaca tadi.

Karena pada dasarnya cara transfer pulsa ke sesama dan beda operator saja sama, hanya nomor tujuannya yang berbeda.

Paling penting Anda harus menyiapkan biaya transaksi yang bervariasi. Biasanya sekitar Rp1.500 untuk sekali transfer pulsa Telkomsel ke sesama dan beda operator.

Beberapa cara transfer pulsa Telkomsel di atas bisa Anda gunakan ketika sedang dalam keadaan yang mendesak.

Jadi Anda tidak perlu bingung lagi jika tiba-tiba butuh pulsa darurat.



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *