Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama & Operator Lain


Layanan transfer pulsa antar operator menjadi primadona terutama ketika sedang dalam kondisi yang sangat mendesak sekali. Hampir semua provider menyediakan layanan transfer pulsa ini seperti salah satunya Indosat.

Namun berbeda dengan provider lainnya, cara transfer pulsa Indosat ke sesama dan beda operator memiliki tahapan yang berbeda.

Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui bagaimana sebenarnya cara melakukan pengiriman pulsa Indosat. Sehingga Anda bisa mempraktekkannya jika sedang dalam kondisi yang mendesak atau membantu teman yang butuh pulsa cepat.

Syarat Transfer Pulsa Indosat

Syarat Transfer Pulsa Indosat

Sebelum melakukan transfer pulsa, ada baiknya Anda memahami pernsyaratannya terlebih dahulu:

  1. Syarat pertama adalah transfer pulsa bisa dilakukan untuk semua para pengguna operator seluler Indosat dengan kartu prabayar maupun pascabayar.
  2.  Nomor yang Anda gunakan untuk melakukan pengiriman pulsa wajib aktif dalam jangka waktu lebih dari 180 hari atau sekitar 6 bulan lamanya. Jadi pada hari ke 181 Anda baru bisa menggunakan nomor Indosat itu untuk melakukan pengiriman pulsa ke sesama Indosat dan beda operator.
  3. Meski memungkinkan pengiriman pulsa ke semua operator, namun Indosat memberlakukan pembatasan maksimal layanan transfer pulsa ini. Batas maksimalnya adalah sebanyak Rp200.000 per hari pada setiap nomor Indosat.
  4. Batas minimal pulsa yang harus tersisa pada nomor Indosat pengirim pulsa adalah senilai Rp5.000. Jika di bawah Rp5.000, maka pengiriman pulsa akan gagal. Jadi sebelum memutuskan transfer pulsa, cobalah untuk mengkalkulasi jumlah pulsa yang tersisa apakah cukup atau tidak agar transfer bisa sukses.
  5. Indosat menetapkan biaya transfer pulsa pada setiap transaksi senilai Rp 600. Sehingga Anda harus memastikan bahwa jumlah total pulsa yang tersedia mencukupi untuk membayar biaya transaksi ini dan batas minimal pulsa yang tersisa.
  6. Pihak penerima pulsa akan menerima perpanjangan masa aktif jika pulsa sudah masuk. Penambahan masa aktif itu tidak akan mengurangi masa aktif yang dimiliki oleh pihak pengirim pulsa.
  7. Penambahan masa aktif tersebut diambil yang paling lama dengan paling tinggi adalah 45 hari.

Para pelanggan dari Matrix Ooredoo Auto yang menerima pulsa hasil pengiriman akan menerima penambahan masa tenggang sampai 30 hari.

Baca Juga:

1. Cara Transfer Pulsa Indosat ke Sesama Indosat

a. Dengan SMS

Dengan SMS

Cara pertama yang bisa Anda lakukan jika ingin mengirim pulsa ke orang lain yang masih satu operator Indosat yaitu dilakukan lewat pesan SMS. Berikut cara singkatnya:

  • Tahap pertama bukalah menu SMS dan buka halaman baru untuk menuliskan pesan singkat.
  • Pada penulisan SMS itu, ketik dengan format “TRANSFERPULSA (spasi) Nomor HP tujuan atau penerima (spasi) jumlah pulsa yang ingin dikirimkan”. Tapi perhatikan kembali jumlah sisa pulsa yang masih Anda miliki.

Jika cukup banyak dan cukup untuk membayarkan biaya transaksi dan batas minimal, maka bisa lanjut ke tahapan selanjutnya

  • Lalu masukkan juga nomor tujuan SMS tersebut yaitu 151 dan tekan tombol kirim.
  • Ketika sudah melewati tahap di atas, Anda tinggal menunggu beberapa saat sampai ada balasan SMS. Cobalah sesekali mengecek apakah pulsa yang Anda miliki sudah berkurang atau belum.
  • Setelah menunggu beberapa saat, akan ada sebuah SMS tanggapan atas permintaan transfer pulsa yang Anda ajukan.

Pada pesan tanggapan ini, Anda akan menemukan sebuah nomor token yang akan digunakan untuk mengkonfirmasi permintaan dan menyelesaikan transaksi transfer pulsa. Perhatikan nomor token pada SMS balasan tersebut.

  • Langkah selanjutnya Anda harus mengirimkan balik nomor token tersebut sebagai bentuk konfirmasi. Caranya ketikkan “OK(nomor token tanpa spasi)”, contohnya OK2345 kirim ke 151.
  • Lalu tunggulah beberapa detik sampai ada SMS balasan berupa pemberitahuan apakah proses pengiriman berhasil atau gagal.

b. Lewat USSD atau UMB

Lewat USSD atau UMB

Layaknya beberapa operator lainnya, Anda juga bisa melakukan cara transfer pulsa Indosat lewat menu USSD atau UMB.

  • Caranya sangat mudah sekali yaitu pertama masuklah ke dalam menu panggilan telepon atau dial pad.
  • Kemudian langkah selanjutnya tekanlah kombinasi angka *123*151# dan terakhir tekan panggil. Secara otomatis proses USSD akan berlangsung dan tunggu beberapa detik sampai muncul menu selanjutnya.
  • Nah pada menu selanjutnya hanya ada satu pilihan yaitu “Transfer Pulsa” dengan nomor 1 dan balas saja dalam bentuk nomor 1 serta klik kirim.
  • Pada tahap-tahap selanjutnya Anda akan diwajibkan untuk mengirimkan informasi yang lebih lengkap terkait dengan jumlah pulsa Indosat yang akan dikirimkan dan juga nomor tujuan pengiriman pulsa.

Jadi perhatikan dengan baik terutama pada bagian nomor tujuan agar tidak salah kirim yang bisa berujung pulsa raib dan tidak bisa dikembalikan.

2. Cara Transfer Pulsa Indosat ke Operator Lain

a. Via USSD

Via USSD

  • Tahapan pertama jika memang Anda ingin mengirimkan pulsa Indosat ke operator lain, bisa dengan masuk ke menu panggilan atau menu dial pad.
  • Jika sudah berada pada dial pad, ketika saja gabungan kode *123*6*8*3*3# dan selanjutnya tekan panggil. Tapi kalau ingin mengirimkan pulsa ke Telkomsel Anda harus menekan kode yang berbeda yaitu *123*5*8*3*3*1#.
  • Nah jika sudah muncul beberapa menu pilihan, lakukan saja pengisian sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Perlu diperhatikan: pastikan nomor tujuan sudah benar dan sisa pulsa yang Anda miliki cukup untuk mengirimkan pulsa.

Perlu diingat: untuk cara ini tidak ada jaminan akan berhasil atau tidak. Jika memang gagal, bisa diartikan Indosat sudah tidak membuka layanan transfer pulsa ke operator lain.

b. Dengan SMS

Dengan SMS operator lain

Untuk selanjutnya, jika  Anda ingin mengirimkan pulsa ke operator lainnya bisa juga menggunakan cara SMS.

Untuk tahapan dan prosesnya sama persis dengan pengiriman ke sesama operator Indosat.

Nah, Anda bisa melakukannya dengan mudah dan sederhana seperti di bawah ini:

  • Pertama masuklah ke dalam menu SMS yang biasa Anda gunakan.
  • Jika sudah berada di dalam menu SMS ketik “TRANSFERPULSA (spasi) nomor tujuan yang menjadi penerima (spasi) jumlah pulsa yang ingin dikirimkan” dan kirimkan ke 151.

Ketika Anda sudah menjalankan beberapa tahapan di atas, maka ketika berhasil akan ada balasan dari pihak Indosat yaitu berupa sebuah kode token.

Jika Anda tidak mendapat kode token, Anda bisa mengulangi cara awal berulang kali.

Nah kode token ini harus Anda kirimkan ke 151 sebagai tanda bahwa Anda memang benar akan melakukan transfer pulsa seperti yang ada pada pesan singkat tadi.

  • Cara mengirimkan token tersebut adalah dengan mengetik “OK(kode token)” kirimkan ke 151.

Jika memang proses transfer pulsa ke beda operator ini berhasil, maka Anda akan mendapatkan pesan SMS berupa pemberitahuan bahwa pengiriman pulsa tersebut berhasil.

Cara transfer pulsa Indosat tergolong sangat mudah sekali. Meskipun untuk layanan transfer ke beda operator belum ada kejelasan apakah masih tersedia atau tidak.

Jika Anda coba tapi gagal berarti Indosat sudah menghapus layanan tersebut.

Jadi jangan bingung jika kehabisan pulsa pada saat mendesak ya, minta tolong teman yang satu operator saja untuk dikirimi!



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *