Cara Menjadi Reseller dan Dropshipper yang Efektif


Kini, ada beberapa sistem penjualan yang bisa Anda lakukan ketika ingin berjualan secara online. Bisnis atau usaha online sedang berkembang pesat, sehingga munculah istilah reseller dan dropship yang menjadi dua jenis sistem perdagangan secara online.

Ada beberapa cara menjadi reseller dan dropshipper yang bisa Anda lakukan, jika ingin mulai berdagang online. Reseller adalah seorang penjual yang membeli suatu produk terlebih dahulu, kemudian menjualnya dengan nama atau brandnya sendiri.

Sedangkan dropshipper merupakan penjual yang memasarkan barangnya secara online, tanpa harus membeli atau menyetok barangnya terlebih dahulu. Seluruh proses penjualan dan pengiriman dilakukan langsung oleh supplier atau distributor terkait.

Cara Menjadi Reseller dan Dropshipper yang Sukses

Cara Menjadi Reseller dan Dropshipper

Apabila Anda ingin menjadi seorang dropshipper yang sukses berjualan dengan keuntungan yang meningkat, maka ada beberapa strategi yang harus Anda lakukan seperti berikut ini:

1. Memilih Produk dan Partner yang Cocok

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat menjadi dropshipper adalah memilih produk yang berkualitas untuk dijual, serta partner supplier atau distributor yang cocok dan sesuai dengan kita.

Anda juga harus fokus pada satu niche produk yang akan dijual, lalu jalin hubungan dekat dengan supplier agar komunikasi saat berjualan juga lancar.

2. Menambah Nilai Jual yang Unik

Jangan lupa untuk menambahkan nilai jual produk atau selling point yang unik pada produk yang Anda jual tersebut. Seorang dropshipper tidak berhubungan langsung dengan jenis barang yang dijual.

Nilai jual ini bisa dialihkan ke hal lainnya seperti menjadi customer service yang handal, jaminan dalam waktu pengiriman yang tepat, ongkos kirim kompetitif, memberikan poin serta reward pada pelanggan setia, dan lain sebagainya.

3. Memerhatikan Branding Bisnis

Membuat branding bisnis akan membuat bisnis Anda memiliki ciri khas dan keunikan dibanding toko online lainnya.

Branding ini bisa dibuat lebih dari sifat, tampilan pada website, materi promosi, desain logo dan sebagainya. Hal itu akan menjadikan bisnis Anda mudah diingat oleh masyarakat.

4. Membuat Website Sendiri

Meskipun cara berjualan Anda menggunakan sistem dropship, tapi Anda juga bisa membuat website sendiri agar para pelanggan bisa melihat langsung foto produk, detail produk, konten promosi, dan lain sebagainya.

Pastikan detail produk sudah disamakan dengan informasi dari supplier. Selain itu, buat desain website yang menarik untuk menjaring pelanggan.

5. Gunakan Strategi Limited Edition

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan dalam menjual produk adalah dengan menjadi dropshipper, yang menawarkan produk limited edition dengan harga promo.

Hal itu tentu akan membuat para konsumen tertarik untuk membeli barang yang Anda pasarkan tersebut.

Cara Menjadi Dropshipper dan Reseller yang Efektif

Reseller dan Dropshipper

Jika Anda lebih memilih untuk menjadi reseller, maka ada beberapa cara yang harus Anda lakukan agar bisa menjadi reseller yang lebih efektif, berikut tata caranya:

1. Gunakan Media Sosial

Menjadi seorang reseller tentunya harus kuat dalam hal pemasaran. Anda bisa menggunakan media sosial khusus untuk memasarkan seluruh produk yang Anda jual. Pasarkan produk Anda melalui media sosial atau marketplace secara rutin, untuk menjaring konsumen.

2. Harga Jual yang Cukup Bersaing

Anda juga harus memperhitungkan harga jual ketika menjadi reseller. Jangan sampai harga jual yang Anda terapkan pada produk tersebut terlalu mahal atau terlalu murah.

Anda juga harus menghitung dengan benar selisih harga jual dan beli, untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan harga bersaing.

3. Memilih Jenis Produk

Cara berikutnya untuk menjadi seorang reseller adalah lebih selektif dalam memilih jenis produk yang akan dijual. Misalnya, memilih produk yang lebih mudah dijual atau banyak diminati konsumen.

Jika Anda salah memilih jenis produk yang akan dijual, maka sebagai seorang reseller tentu Anda bisa mengalami kerugian.

4. Memilih Supplier dari Tangan Pertama

Setelah Anda memutuskan untuk menjual suatu jenis produk yang tepat, kini saatnya untuk memilih supplier yang tepat.

Sebaiknya, pilih supplier tangan pertama yang sudah profesional dalam berjualan dan melayani para reseller.

Pilih supplier yang memiliki jumlah produksi barang yang besar dan memberikan harga yang menguntungkan.

5. Selalu Siap Melayani Calon Konsumen

Sebagai seorang reseller, Anda juga harus siap menghadapi atau melayani konsumen dengan baik. Misalnya cepat tanggap dalam menjawab pertanyaan konsumen, dan siap dengan menjelaskan produk yang Anda jual pada mereka.

Luangkan waktu untuk menjawab pertanyaan konsumen dan melakukan proses pengemasan dan pengiriman barang dengan cepat.

6. Menerapkan Prinsip Disiplin dan Konsisten

Pada saat Anda memasarkan produk lakukan dengan disiplin dan konsisten. Artinya, Anda harus memasarkan barang dengan rutin dan berkala serta konsisten dalam mengunggah produk ke media sosial. Anda bisa memberi tambahan diskon pada pelanggan, supaya mereka tertarik untuk membeli produk yang Anda jual tersebut.

Kesimpulan

Ternyata, cara menjadi reseller dan dropshipper yang sukses dan efektif ini bisa dilakukan dengan mudah, selama Anda konsisten dalam menjalankan bisnis online tersebut. Untuk menambah keuntungan, Anda juga bisa berjualan secara offline jika menjadi reseller.



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *