9 Aplikasi Antivirus Android Terbaik yang Paling Ampuh


Jika Anda tidak menggunakan aplikasi antivirus Android di ponsel cerdas atau tablet Anda, maka Anda berisiko terkena infeksi dari aplikasi yang rusak dan jenis malware lainnya.

Kabar baiknya adalah pilihan Anda jauh dari kata terbatas, karena saat ini ada banyak antivirus Android terbaik yang bisa Anda pilih, baik yang berbayar maupun gratis.

1. Bitdefender Mobile Security

Bitdefender Mobile Security

Aplikasi Bitdefender Mobile Security memiliki perlindungan malware yang hampir sempurna, dampak kinerja yang sangat ringan, integrasi jam tangan Android Wear, VPN, dan pemblokiran situs web jahat yang Anda buka di sebagian besar browser Android.

Aplikasi ini juga memiliki alat perlindungan privasi yang kuat, seperti kunci aplikasi, scan Wi-Fi, fitur anti-pencurian, dan notifikasi pelanggaran data.

Bitdefender Mobile Security menawarkan masa percobaan 14 hari, dan setelahnya Anda perlu membayar sekitar Rp220.000 per tahun.

VPN bawaan memberi Anda 200 MB data gratis. Jika ingin lebih banyak data, Anda harus membayar sekitar Rp104.000 setiap bulan atau Rp743.000 setiap tahun.

Baca Juga: VPN Terbaik untuk Laptop

2. Norton Mobile Security

Norton Mobile Security

Norton Mobile Security menawarkan perlindungan malware terbaik dengan harga Rp445.000 per tahun. Sayangnya, Norton telah mematikan fitur anti-pencurian pada awal Desember 2019, bersama dengan pencadangan kontak dan memblokir link berbahaya.

Kabar yang lebih buruk adalah Norton sudah tidak memiliki versi gratis, yang awalnya membuat ia menjadi salah satu aplikasi antivirus terbaik untuk Android yang gratis.

Namun, aplikasi ini memiliki desain yang intuitif dan beberapa fungsi yang sangat berguna, seperti kunci aplikasi untuk aplikasi individual dan scan teratur aplikasi lama / baru di perangkat Anda untuk mendeteksi perilaku yang tidak biasa.

Fitur lain yang tak kalah keren adalah Norton dapat memeriksa aplikasi di Google Play Store untuk risiko keamanan dan privasi bahkan sebelum Anda menginstalnya.

3. Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky Mobile Antivirus juga dikenal sebagai Kaspersky Internet Security for Android. Aplikasi ini menawarkan perlindungan malware yang hampir sempurna, dampak sistem kecil, dan dapat memblokir panggilan yang tidak Anda inginkan atau berbahaya.

Kabar baik lainnya adalah tidak ada iklan dalam versi gratis, ada dukungan untuk Android Wear, dan terdapat serangkaian fitur anti-pencurian.

Namun, Anda harus memindai setiap aplikasi baru secara manual.  Sedangkan pengguna berbayar mendapatkan pemindaian otomatis atas aplikasi baru, kunci aplikasi, dan pemblokiran situs web phishing.

Jika Anda hanya mencari perlindungan malware, Kaspersky Mobile Antivirus versi gratis sepertinya sudah cukup memuaskan. Namun untuk Anda yang ingin mendapatkan lebih banyak fitur, bisa membayar sekitar Rp45.000 per bulan.

4. Lookout Security & Antivirus

Lookout Security & Antivirus

Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan sangat sedikit iklan, sehingga cukup nyaman untuk digunakan. Namun, biaya aplikasi ini cukup mahal. Ada versi gratis yang bisa Anda pilih, tapi hanya dapat memindai malware dan menemukan ponsel yang hilang.

Sedangkan versi premium seharga Rp455.000 per tahun dilengkapi dengan beberapa fitur seperti memblokir situs web berbahaya, VPN tak terbatas, layanan pemberitahuan pelanggaran data, dan scan jaringan Wi-Fi.

Ada juga paket Premium Plus seharga Rp1.486.000 per tahun, yang memberikan layanan perlindungan identitas, scan link pada SMS atau chat yang Anda dapat untuk menghindari link yang membahayakan, memperbarui database virus, dan memproteksi Android Anda dari ransomware.

5. Avast Mobile Security

Avast Mobile Security

Avast Mobile Security & Antivirus adalah salah satu aplikasi antivirus Android terbaik berfitur lengkap, yang menawarkan segalanya mulai dari keamanan privasi hingga pengoptimalan sistem dan daftar hitam yang dapat disesuaikan.

Namun untuk versi gratis dari aplikasi ini masih cukup jauh dari kata sempurna. Karena beberapa fungsi penting seperti anti-pencurian dan pemblokiran panggilannya tidak berfungsi sama sekali.

Berdasarkan review yang ada, banyak pengguna mengeluhkan tentang iklan yang terus-menerus muncul pada versi gratis, karena dianggap cukup mengganggu.

Iklan tersebut akan hilang jika Anda membayar salah satu dari tingkatan berbayar Avast Mobile Security, yang terdiri dari Paket Premium seharga Rp30.000 per bulan atau Rp357.000 setahun, dan Paket Ultimate dengan harga Rp595.000 setahun atau Rp104.000 per bulan.

Jika membeli paket berbayar, Anda akan mendapatkan fitur tambahan berupa dukungan teknis, anti-pencurian, dan pengunci aplikasi.

Jika ingin menggunakan Avast Secureline VPN, maka Anda harus memilih versi Ultimate yang harganya sekitar Rp713.000 per tahun.

6. McAfee Mobile Security

McAfee Mobile Security

Seperti Avast, McAfee menawarkan banyak fitur berguna tapi versi gratisnya penuh dengan iklan yang cukup annoying. Meski begitu, perlindungan malware dan trackingnya cukup baik.

Terdapat juga fitur “Guest” (tamu) yang berguna untuk mengamankan Android Anda dalam waktu singkat saat Android Anda digunakan oleh orang lain.

Fitur lain yang ditawarkan versi gratis McAfee adalah fitur anti-pencurian, melacak penggunaan data setiap aplikasi, dan scan Wi-Fi.

Jika ingin menggunakan lebih banyak fitur, beralihlah ke paket Premium Standar yang memiliki fitur pengunci aplikasi, penyaringan URL, dukungan teknis 24/7, dan tidak ada lagi iklan.

Paket ini dibanderol dengan harga Rp455.000 per tahun. Harganya relatif lebih mahal dibandingkan Bitdefender dan Kaspersky, padahal fitur yang ditawarkan sama.

Sedangkan paket paling atas adalah Premium Plus, yang harganya sekitar Rp1.189.000 per tahun. Paket ini akan memberi Anda fitur akses VPN tak terbatas, tapi hanya untuk satu Android atau tablet.

7. Google Play Protect

Google Play Protect

Google Play Protect hadir di dalam setiap perangkat Android yang menjalankan Google Play dan sistem minimum 4.1 Jelly Bean.

Sayangnya, deteksi malware aplikasi gratis ini tidak sebagus aplikasi antivirus Android lainnya, sehingga sebagian besar pengguna mengatakan bahwa mereka harus menggunakan aplikasi antivirus Android pihak ketiga.

Meski begitu, Google Play Protect memiliki antarmuka yang bersih, tidak ada iklan, dan dampak sistemnya ringan.

Beberapa fitur bawaan dari aplikasi ini adalah fitur “Temukan Perangkat Saya”, “Penjelajahan Aman Chrome”, dan dapat menonaktifkan aplikasi berbahaya dari jarak jauh, sehingga disarankan untuk selalu mengaktifkan Google Play Protect.

8. 360 Security

360 Security

Nama lain dari aplikasi ini adalah Safe Security. Sejumlah fitur gratis yang dimiliki aplikasi ini adalah kunci aplikasi, penguat kinerja, pembersih sistem, anti-pencurian, pengunci foto, dan scan Wi-Fi.

Kekurangannya adalah versi gratisnya terlalu banyak iklan, yang biasanya berisi berita dan promo game. Iklan-iklan tersebut akan hilang jika Anda beralih ke paket premium seharga Rp178.222 per bulan.

9. Trend Micro Mobile Security & Antivirus

Trend Micro Mobile Security & Antivirus

Fitur berbeda yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah integrasi dengan akun Facebook pengguna.

Jika Anda memposting informasi atau mendapatkan pesan yang tidak jelas dan berbahaya di akun Facebook Anda, Trend Micro Mobile akan secara otomatis menghapusnya.

Fitur lainnya meliputi malware scanner, parental control untuk memonitor perangkat keluarga, text filtering, call blocker, dan safe surfing.

Karakteristik dari aplikasi antivirus Android terbaik adalah menawarkan deteksi dan pencegahan malware, serta dilengkapi berbagai fitur privasi dan anti-pencurian.

Fitur privasinya termasuk kemampuan untuk mencadangkan kontak dan data lainnya, melacak Android melalui GPS, mengambil foto pencuri dengan kamera perangkat, dan dapat menemukan Android menggunakan jam tangan Android Wear.

Baca Juga:



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *