8 Aplikasi Presentasi Terbaik yang Menarik dan Interaktif


Aplikasi presentasi memang tidak bisa dipisahkan dari dunia akademik dan bisnis. Demonstrasi suatu produk dengan tampilan menarik tentunya menjadi nilai tersendiri.

Termasuk bagi mahasiswa, menyampaikan suatu materi dengan presentasi menjadi hal yang lumrah. Mungkin Anda terbiasa menggunakan Microsoft Powerpoint untuk melakukan presentasi.

Padahal, terdapat aplikasi-aplikasi sejenis yang tak kalah mumpuni untuk menghasilkan presentasi yang memukau.

Ide-ide dalam pikiran bisa dituangkan dengan mudah dengan berbagai aplikasi berikut ini. Apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

8 Aplikasi Presentasi Menarik dan Interaktif

Di berbagai institusi, software presentasi memang kerap kali digunakan. Seperti yang telah diketahui, manusia pada umumnya lebih peka terhadap tampilan gambar dan tulisan yang berwarna-warni.

Semakin interaktif tampilan presentasi, tentunya dapat membuat audiens lebih memperhatikan yang Anda sampaikan.

Penggunaan Ms. Powerpoint mungkin sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Pada dasarnya, aplikasi keluaran Microsoft ini memang mumpuni untuk membuat tampilan presentasi yang menarik.

Seiring berjalannya waktu, terdapat aplikasi-aplikasi lain yang memberikan berbagai fitur unik dan menari. Berikut beberapa di antaranya.

1. Visme

aplikasi presentasi Visme

Punya banyak ide yang ingin dituangkan dalam bentuk konten? Tidak perlu bingung, Anda bisa menggunakan Visme sebagai aplikasi andalan yang mudah digunakan. Bahkan bagi pemula sekalipun.

Pengguna dapat membuat presentasi, laporan, infografis, visualisasi data, resume, demonstrasi produk, dan lain-lain.

Aplikasi ini memiliki fitur editor online yang bisa dieksplorasi sesuai keinginan. Tidak perlu khawatir kehabisan template, Visme menyediakan ratusan template yang siap digunakan.

Dengan demikian, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan membuat presentasi selama beberapa menit saja.

Tidak hanya sekedar software biasa, aplikasi ini memberikan tampilan background kualitas HD. Template yang disediakan pun tersedia dalam tampilan profesional.

Jika Anda ingin membuat demo produk, tersedia ribuan vektor, gambar, font, dan ilustrasi grafik yang siap digunakan secara gratis. Agar presentasi lebih menarik, pengguna juga dapat menambahkan animasi dan audio pendukung.

2. Zoho Show

Zoho Show

Aplikasi Zoho Show memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan mengirim presentasi secara online. File yang dihasilkan tampak profesional dan memukau untuk berbagai tujuan.

Terdapat fitur membuat kolaborasi presentasi yang sangat cocok untuk kerja tim di kantor. Aplikasi ini mendukung semua perangkat dan web browser asalkan terhubung dengan internet.

Visualisasi materi atau produk semakin menarik dengan efek transisi dan animasi yang beraneka ragam.

Menariknya, Zoho Show sangat fleksibel karena mendukung penyimpanan file presentasi dalam bentuk .ppt, .pps, .pptx, .sxi, .ppsx, dan .odp. Pembuatan file tersebut bisa dilakukan secara real time, dimanapun dan kapanpun.

Bagi Anda yang membutuhkan kolaborasi presentasi secara cepat, aplikasi ini bisa menjadi andalan.

3. Haiku Deck

Haiku Deck

Haiku Deck bisa menjadi pilihan berikutnya sebagai media pembuat presentasi. Tampilan presentasi yang itu-itu saja kerap kali membuat audiens bosan dan teralihkan dengan hal lain.

Persepsi perlu diubah dengan penggunaan aplikasi presentasi yang unik. Dengan Haiku Deck, penyampaian materi melalui slide-slide akan lebih interaktif dan powerfull.

Dengan demikian, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk digunakan para pengajar. Aplikasi ini berbasis cloud sehingga Anda perlu terhubung ke internet.

Haiku Deck menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih jika tidak tersedia Ms. Powerpoint ataupun Prezi. Aplikasi ini bisa dijalankan melalui free trial. Setelah itu, Anda bisa berlangganan dengan biaya $5 per bulan.

Tersedia puluhan template yang dapat digunakan secara instan jika Anda membutuhkan hasil tampilan presentasi mendadak. Selain itu, visualisasi materi dapat lebih menarik dengan jutaan gambar yang disediakan.

Aplikasi ini juga dapat terkoneksi dengan iPhone dan iPad sehingga pengguna bisa melihat tampilannya di perangkat tersebut.

Ekspor file pun mudah dilakukan jika file presentasi Anda telah selesai dibuat. Format file yang didukung fitur ini adalah .ppt, .pdf, dan lain-lain.

4. SlideBean

aplikasi presentasi SlideBean

MencariĀ  presentasi yang tidak ribet dan mudah digunakan? SlideBean adalah jawabannya. Aplikasi ini dikenal banyak membantu bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat slide presentasi.

Pengguna hanya tinggal melengkapi bagian-bagian seperti header, outline, upload gambar, tema, memasukkan materi, dan visualisasi grafis jika diperlukan.

Aplikasi ini dirancang khusus agar intuitif dan cerdas. SlideBean akan secara otomatis membuat presentasi yang diinginkan. Tidak perlu khawatir, desain dan format pun bisa disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan.

5. Emaze

Emaze

Emaze menjadi terobosan media pembuat presentasi yang mudah digunakan. Aplikasi ini dibuat menggunakan HTML5 dan mendukung di setiap web browser yang digunakan.

Bagi Anda yang membutuhkan slide presentasi secara cepat, aplikasi ini bisa menjadi andalan yang tepat. Template yang disediakan pun bervariasi, baik berupa 2D maupun 3D.

Menariknya, tampilan presentasi tidak hanya dalam bentuk slide-slide seperti pada umumnya. Pengguna juga bisa membuat presentasi dalam bentuk video.

Dengan demikian, audiens tidak akan merasa bosan dengan demonstrasi yang Anda tampilkan. Emaze merupakan software presentasi berbasis online dan dapat diakses dengan mudah.

6. SlideDog

aplikasi presentasi SlideDog

SlideDog memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mendesain slide-slide presentasi. Anda bisa mengembangkan setiap template yang dipilih sesuai dengan kreativitas.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuka file dalam format lain saat presentasi berlangsung. Hal ini karena kemampuannya yang dapat mendeteksi berbagai macam file.

Dengan demikian, SlideDog dapat membantu Anda membuat presentasi multimedia yang lebih baik. Berbagai slide bisa digabungkan tidak hanya dari aplikasi ini sendiri.

Melainkan slide presentasi dari Ms. Powerpoint, Prezi, file PDF, web page, dan klip video. Dengan demikian, Anda hanya perlu memfokuskan diri pada penggunaan SlideDog saat presentasi berlangsung.

Pengguna tidak perlu lagi membuka tab baru untuk menampilkan sebuah file yang berbeda format. Hal ini merupakan terobosan baru dari cara manual yang banyak dilakukan sebelumnya.

7. KeyNote

KeyNote

Jika Windows mengandalkan Ms. Powerpoint sebagai media utama membuat presentasi, maka Apple memiliki KeyNote. Aplikasi ini semakin dikembangkan sehingga lebih canggih, cerdas, dan intuitif saat digunakan.

Terdapat berbagai fitur yang dapat dieksplorasi dengan leluasa. Di antaranya adalah pembuat grafik interaktif, menambah refleksi, dan memberikan frame sesuai gambar.

Pengguna dapat membuat tampilan presentasi yang menarik dengan lebih dari 30 efek untuk objek dan teks. Apple mengembangkan aplikasi ini sehingga dapat dihubungkan dengan perangkat iPhone dan iPad.

8. Prezi

aplikasi presentasi Prezi

Prezi menjadi salah satu aplikasi pembuat presentasi yang banyak digunakan saat ini. Software berbasis cloud ini tidak hanya mumpuni untuk membuat slide-slide interaktif.

Melainkan juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi kanvas virtual yang kreatif. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya mengedit hasil presentasi secara real time di perangkat apapun.

Keunggulan Prezi adalah kemampuannya untuk tetap bisa digunakan meskipun secara online. Bagi Anda yang sering melakukan kolaborasi pekerjaan, software ini sangat mendukung.

Prezi sangat cocok digunakan oleh setiap kalangan di berbagai institusi, misalnya dosen, mahasiswa, staff perusahaan, dan pembicara publik.

Mengeksplorasi aplikasi presentasi sesuai kreativitas memang menyenangkan. Anda bisa memanfaatkan rekomendasi software di atas untuk membuat tampilan presentasi yang lebih menarik audiens!

Baca Juga:



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *