4 Cara Cek IMEI Samsung untuk Mengetahui Keasliannya


Deskripsi: Cara Cek IMEI Samsung Untuk Mengetahui Keaslian HP Samsung. Cek Nomor Keaslian IMEI Samsung di Kemenperin Secara Online.


Sudah pernah dengar istilah IMEI? Ya, Imei (International Mobile Equipment Identity) adalah sebuah kode yang terdapat pada masing-masing smartphone.

Kode tersebut terdiri dari 14-16 angka dan semuanya bersifat unik (masing-masing smartphone memiliki kode imei berbeda).

Kode tersebut memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itu, para pengguna smartphone sangat disarankan untuk cek nomor imei ini sebelum membeli hp baru.

Cara Cek IMEI Samsung

Cek IMEI Samsung

Nah khusus pengguna samsung, berikut tutorial cek imei samsung beserta penjelasan lengkap mengenai fungsi nomor imei samsung.

1. Cek Imei Melalui DusBook

Cara yang pertama, kamu bisa cek kode imei di kardus samsung. Sebelum memutuskan membeli hp samsung baru, lihat dulu bagian samping atau bawah kotak samsung.

Jika memang hp yang kamu beli benar-benar asli, harusnya tercantum kode imei pada kotak hp. Ciri-ciri keberadaan kode imei adalah ikon barcode. Biasanya kode imei ada dibagian bawah barcode yang tercantum di kardus hp.

Cara ini bisa kamu terapkan juga untuk tipe hp lain seperti oppo, sony dan hp android lainnya. Namun, khusus untuk imei samsung, kodenya diawali angka 35. Lalu, bagaimana kita bisa tahu kalau nomor imei tersebut asli? Mudah!

Kamu hanya tinggal mencocokan kode imei yang tercantum di kotak hp dengan yang ada di baterai hp, dan di sistem. Jika semua kode tersebut sama, berarti produk samsung yang kamu beli benar-benar asli.

2. Cek Imei di Bagian Baterai Samsung

Cara yang kedua yakni dengan mengecek bagian baterai samsung. Sebelum memutuskan untuk membeli hp samsung baru, ada baiknya sempatkan terlebih dahulu untuk cek bagian baterainya.

Jika kode imei yang tercantum sama dengan yang di kotak hp, berarti kode imei tersebut asli. Berikut tutorialnya:

  1. Pastikan perangkat samsung sudah mati, kemudian lepas baterai dari body hp. Cara ini berlaku untuk hp samsung yang baterainya bisa dilepas ya
  2. Lihat sisi belakang baterai
  3. Temukan ikon barcode, dan lihat bagian bawahnya
  4. Disitu kamu akan menemukan banyak sekali angka, namun cari baris kode yang diawali dengan angka 35. Itulah nomor imei samsung

Setelah itu, sejajarkan dengan nomor imei yang ada di dusbook tadi. Jika sama, ada kemungkinan nomor imei/produk tersebut asli. Namun alangkah baiknya, cek kode imei pada bagian hp lainnya.

3. Cek Imei Melalui Dial Phone

Apakah pengecekan kode imei sudah selesai sampai disitu? Tentu saja belum. Kamu harus cek kode imei yang tercantum di sistem samsung, yakni dengan cek layar samsung pada dial phone/USSD. Berikut tutorial lengkapnya:

  1. Buka menu dial phone/menu panggilan di hp kamu
  2. Lalu tuliskan kode ini *#06#
  3. Tanpa perlu menekan tombol “Call with sim1 atau sim2”, sistem hp otomatis akan memulai proses pengecekan kode imei
  4. Setelah proses pengecekan selesai, akan muncul info imei di layar hp kamu. Catat dan cocokan lagi dengan kode imei yang tercantum pada kotak serta baterai hp.

Cara cek kode imei ini juga berlaku untuk hp Xiaomi, Asus, HTC, LG, Realme, oppo dan hp android lainnya.

4. Cek Imei Melalui Setting

Selain lewat kode dial, kamu juga bisa melakukan pengecekan imei lewat sistem android lainnya, yakni lewat menu settings android. Kamu harus memastikan semua kode imei yang sudah dicek termasuk yang tercantum di settings android semuanya sama.

Berikut tutorial lengkapnya:

  1. Pilih menu “settings” atau “Pengaturan” di hp samsung kamu
  2. Kemudian pilih opsi “About Device” atau “Tentang Handphone”. Opsi tersebut biasanya ada di bagian paling bawah berlambangkan huruf “i
  3. Setelah itu, pilih opsi “Status”. Disitu semua informasi tentang hp samsung kamu akan terlihat secara detail.

Mulai dari Ip Address sampai tipe hp samsung. Nah, untuk informasi kode imei ada di bagian paling bawah.

Khusus ponsel GSM, informasi imei ini akan bertuliskan “IMEI”. Namun untuk ponsel CDMA, informasi imei akan berada pada opsi “MEID”.

Baca Juga:

Cek Keaslian Nomor Imei Samsung

Cek Imei Kemenperin

Setelah mendapatkan kecocokan antara kode imei pada kotak, baterai, kode dial dan sistem settings, kini kamu harus mengecek keaslian nomor imei tersebut. Jika kode imei tersebut asli, harusnya terdaftar dalam situs resmi imei. Berikut cara cek imei samsung terdaftar atau tidak.

  1. Catat kode imei yang sudah kamu temukan lewat tutorial diatas
  2. Buka browser (bisa lewat hp/laptop), lalu pergi ke link ini imei.info atau imei.kemenperin.go.id.

Itu adalah situs resmi imei langsung dari pemerintah. Semua nomor imei yang diproduksi secara legal, harusnya terdaftar dalam situs resmi tersebut.

  1. Copy atau tuliskan nomor imei yang sudah kamu temukan di kolom yang sudah tersedia
  2. Isi captcha dengan benar untuk memastikan kamu bukan robot
  3. Klik tombol “Check”, proses pengecekan nomor imei akan berlangsung selama beberapa detik
  4. Setelah selesai, akan muncul informasi nomor imei secara detail.

Jika terdaftar kamu bisa tahu kapan hp tersebut diproduksi, perusahaan apa yang memproduksi, serta tipe hp, sampai spesifikasi yang dipakai.

Selain itu, semua informasi yang ada pada imei tersebut sama dengan kondisi hp yang diterima. Jika tidak, maka produk yang kamu beli adalah palsu/BM (Black Market).

Fungsi Kode Imei

IMEI

Fungsi kode imei yang tercantum di beberapa bagian tersebut sebenarnya digunakan untuk cek keaslian samsung. Biasanya ada oknum nakal yang menjual hp palsu menggunakan dusbook dari produk asli. Selain itu, kode imei juga digunakan untuk mengidentifikasi perangkat hp yang hilang.

Jika kode imei yang tercantum asli, kamu bisa melakukan pelacakan menggunakan kode tersebut dengan bantuan operator terkait. Maka dari itu, cek imei samsung sangat penting. Semoga tutorial pengecekan diatas bermanfaat untuk para pembaca.



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *