3 Cara Flash Asus Zenfone C Z007 dan Resikonya


Deskripsi : Beberapa cara flash asus z007 bisa mengembalikan software seperti baru, tapi ada beberapa persiapan dan resiko dari proses flashing.


Smartphone mulai lemot, sering bootloop atau aplikasi suka case close secara tiba-tiba. Ini tanda mulai terjadi masalah pada smartphone kamu, kebanyakan akan hilang sendiri dengan cara didiamkan.

Namun jika masalah ini berulang kali, solusinya bisa dengan cara flash Asus Zenfone C z007 tetapi ini hanya alternatif terakhir. Pasalnya tindakan flashing atau perbaikan software secara total akan menyebabkan gangguan lainnya, bisa saja adanya file yang hilang.

Bahkan bisa muncul kondisi smartphone yang kian memburuk setelah melakukan flashing. Maka dari itu, sebelum flashing asus z007, pikirkan dengan matang.

Persiapan Sebelum Flashing Asus Zenfone C Z007

Persiapan Sebelum Flashing Asus Z007

Sebelum melakukan flashing, sebaiknya lakukan persiapan flash asus z007 terlebih dahulu. Ini penting dan banyak diabaikan, sukses atau tidak tindakan flashing yang akan dilakukan tergantung dari persiapan. Apa saja yang perlu dipersiapan? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kondisi Baterai HP

Sekalipun HP dalam kondisi mati total, biasanya saat ditambahkan daya, tetap muncul  berapa persen daya baterai yang terdapat dapat HP. Pastikan sebelum flashing daya dalam Hp minimal 70 persen atau bahkan terisi penuh.

Proses flashing cukup panjang, bisa jadi mencapai 60 menit penuh. Hal ini membutuhkan daya yang cukup besar, kebanyakan gagal flash asus z007 karena baterai habis saat proses berlangsung.

2. Baterai Laptop Terisi Penuh

Beberapa cara flashing asus z007 menggunakan bantuan laptop, hal ini karena smartphone dan laptop akan terkoneksi dan mudahkan proses flash. Maka dari itu, pastikan baterai laptop terisi penuh atau bisa jadi selalu colokan pada sumber daya terdekat.

3. Gunakan Metode Paling Tepat

Ada beberapa tahapan cara flash asus z007, bisa menggunakan laptop, tanpa laptop atau hanya mengandalkan smartphone saja. Setiap tindakan flashing akan memiliki bahaya atau kekurangan masing-masing, maka dari itu gunakan metode yang tepat.

Misalkan penggunaan software dengan bantuan laptop, pastikan software sesuai dan firmware yang digunakan cocok. Pasalnya asus tidak hanya mengeluarkan satu varian saja, pilih software sesuai nama pabrikan dari smartphone tersebut.

3 Cara Flash Asus Z007

Cara Flash Asus Z007

Setelah melakukan rangkaian persiapan di atas, maka sudah siap mengikuti tutorial flash asus z007. Dimana ada beberapa cara yang bisa digunakan, bisa dengan flash tool atau driver bawaan yang diberikan asus, bisa dengan sd card atau qfil, pilih yang sesuai dengan smartphone kamu.

1. Flashing via Flashtool

Metode flashing yang paling banyak digunakan adalah flashtool, ini cara yang paling mudah dan jaminan sukses hampir 100 persen.

Disarankan untuk pengguna gunakan flash asus z007 via flashtool saja, caranya mudah dan sudah disiapkan firmware resmi dari asus. Berikut ini tahapan lengkapnya.

  • Download flashtool yang dibutuhkan. Seperti Firmware asus zenfone C z007, asus usb driver, dan flashtool zenfone C.
  • Tekan tombol power dan volume up bersamaan, tekan dan tahan hingga masuk ke droid mode sistem asus.
  • Instal ketiga flashtool yang sudah didownload di atas
  • Klik kanan dan pilih ‘Run as Administrator’.
  • Koneksikan HP ke laptop dengan kabel USB
  • Muncul beberapa tipe HP, pilih yang sesuai jenis hp asus yang akan kamu flashing.
  • Klik tipe hp tersebut, pilih ‘Wipe data’ dan klik ‘yes’
  • Nantinya akan muncul icon ‘USB’, klik ‘Start’
  • Tunggu proses flash hingga muncul ikon pada ‘state’ berwarna hijau
  • Tutup Aplikasi di laptop, lepaskan kabel USB dan restart HP

Proses flashing sukses jika smartphone asus kembali seperti keluaran pabrikan.

2. Flashing via SD Card

Bagaimana kalau kamu tidak ada atau tidak punya laptop, coba lakukan flash asus z007 via sd card. Cara ini tergolong lebih mudah berhasil, bahkan saat kondisi hp mati total.

Sayangnya cara ini penuh resiko dan faktor keberuntungan bisa jadi hal utama untuk keberhasilan. Berikut ini tahapan lengkapnya.

  • Format SD Card ke Fat32 default, agar bisa terbaca smartphone
  • Download firmware asus z007, ubah dalam bentuk .zip dan masukkan dalam sd card
  • Tekan tombol power dan volume up bersamaan
  • Pilih ‘recovery mode’
  • Klik ‘apply update from sd card’
  • Pilih ‘Firmware asus z007’
  • Proses flash selesai jika berhasil masuk dalam ‘reboot system’

Kebanyakan prosesnya akan gagal dan tidak sampai reboot, jika sudah demikian maka software tidak bisa lagi diselamatkan. Bahkan smartphone bisa jadi tidak bisa digunakan kembali.

3. Flashing via Qfil

Proses flash asus z007 via qfil ini hanya cocok untuk smartphone yang memiliki chipset Qualcomm, jika tidak maka jangan memaksakan karena tidak akan membuahkan hasil.

QFIL merupakan solusi untuk masalah hp hang, aplikasi force close hingga sering bootloop. Berikut tahapan selengkapnya.

  • Download aplikasi qfil terlebih dahulu. Ada dua pilihan untuk 32-bit dan 64-bit, sesuaikan jenis smartphone kamu.
  • Klik ‘Browse’ , klik ‘program parth’, pilih firmware yang sesuai jenis smartphone
  • Setelah itu pilih file ‘prog_emmc_firehose …. (berisi tipe smartphone asus kamu).
  • Klik ‘Load XML’ , pilih ‘rawprogram0.xml’
  • Gunakan USB untuk menghubungkan laptop dan smartphone
  • Baca prosesnya di ‘status’
  • Tunggu hingga ‘finish’, klik ‘exit’
  • Cabung kabel USB
  • Restart HP

Baca Juga:

Bahaya Terlalu Sering Flashing

Bahaya Flashing Asus Z007

Setelah proses flashing asus z007, coba pastikan apakah isi dan rasanya saat digunakan tetap sama. Pasalnya beberapa orang yang telah mencoba cara di atas memiliki hasil yang berbeda, bahkan ada yang menderita kerugian akibat terlalu sering flashing seperti berikut ini.

Ada Data yang Hilang

Hal pertama yang harus dicek setelah smartphone di flashing adalah data yang ada didalamnya. Proses flashing biasanya akan membuat bahaya kehilangan data, baik sebagian maupun keseluruhan.

Pasalnya Hp akan kembali seperti keluaran versi pabrik pertama kali. Jika kamu tidak mau data internal hilang, sebelum flashing sebaiknya backup terlebih dahulu. Kebanyakan setelah flashing, data akan hilang dan tidak bisa kembali lagi.

Kerusakan HP Semakin Parah

Banyak juga yang mengatakan jika cara flash hp bukan solusi untuk memperbaiki melainkan dapat membuat kerusakan semakin parah. Hal ini karena minimnya persiapan, tidak melakukan tahapan flash dengan tepat atau prosesnya berjalan sesuai instruksi.

Bisa jadi smartphone akan mengalami kerusakan semakin parah hingga tidak lagi bisa digunakan. Kebanyakan kerusakan parah yang terjadi, layar tidak kembali atau berwarna hitam dan baterai tidak bisa terisi secara normal. Ini kerusakan fatal sehingga smartphone tidak bisa digunakan kembali.

Sebaiknya kamu perhatikan dan lakukan cara flash asus z007 dengan benar, runtut dan tepat. Pasalnya jika satu tahapan terlewatkan atau prosesnya tidak sempurna, maka smartphone tidak bisa digunakan kembali. Bahkan bisa terjadi kerusakan yang lebih parah.



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *