10 Aplikasi Launcher Terbaik untuk Android yang Ringan


Pengguna Android memang banyak dimanjakan dengan berbagai aplikasi unik dan mempermudah pekerjaan. Salah satunya adalah ketersedian aplikasi launcher terbaik yang dirancang khusus untuk manajemen tampilan pada sebuah smartphone Android.

Tampilan standar Android bisa diubah sesuai dengan keinginan. Dengan bantuan aplikasi pengantar, pengguna dapat dengan mudah membuat tampilan sesuai dengan selera. Metode ini layak dicoba bagi Anda yang sedang bosan dengan tampilan standar Android.

1. ADW Launcher

ADW Launcher

Bagi Anda yang sudah cukup lama menjadi pengguna Android, ADW Launcher mungkin bukanlah nama yang asing. Aplikasi ini cukup legendaris karena menjadi salah satu pelopor bermunculannya aplikasi jenis ini.

Seiring berkembangnya zaman, aplikasi launcher semakin memperkaya fitur kustomisasi yang dimilikinya. Hal ini pula yang dilakukan ADW untuk menyediakan kustomisasi pada hampir semua sisi tampilan.

Sayangnya, ADW cenderung kurang cocok untuk digunakan pemula. Hal ini karena penggunaannya yang lebih sulit dibandingkan aplikasi lain yang semakin menjamur saat ini.

Pengembangan launcher ini sendiri sudah dihentikan dan hanya bisa dioperasikan pada OS Android 4.1 dan di bawahnya.

2. Yahoo Aviate

Yahoo Aviate

Meskipun layanan Yahoo Email cenderung sudah meredup, namun terdapat aplikasi launcher keluaran Yahoo yang layak dicoba. Pada awal kemunculannya, Aviate memang sudah menarik perhatian pengguna Android.

Pengguna bisa mendapati perubahan tampilan pada launcher secara otomatis, hal inilah yang menjadi sisi menarik.

Perubahan tampilan tersebut bergantung pada waktu dan tempat pengguna berada. Misalnya ketika pengguna sedang berada di kantor, Aviate akan menampilkan berbagai aplikasi yang sering digunakan di kantor.

Ketika akan pergi ke suatu tempat, launcher ini akan menunjukkan navigasi. Dengan demikian, pengguna akan sangat terbantu demi meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Contoh lainnya adalah aplikasi ini akan menampilkan menu alarm ketika memasuki malam hari. Setelah itu, tampilan ramalan cuaca hari tersebut akan ditampilkan di beranda Android pengguna.

Fitur tersebut sangat inovatif, tak heran jika aplikasi keluaran Yahoo ini menjadi salah satu yang terbaik.

3. Google Now

Google Now

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dirilis oleh Google dan memang cukup populer. Interfacenya memang kelihatan sederhana, namun kaya akan nilai fungsional.

Pengguna Android bisa seolah-olah menggunakan perangkat yang dikeluarkan oleh Google, yaitu Nexus. Caranya adalah dengan menyesuaikan tampilan dengan Google Now Launcher.

Salah satu keunikan aplikasi ini adalah sudah terintegrasi dengan Google Now. Launcher satu ini juga memungkinkan penggunanya untuk memanfaatkan fitur voice control.

Menariknya, pengguna tidak perlu menekan tombol apapun untuk dapat memunculkan fitur ini. Aplikasi ini tentunya bisa Anda dapatkan dengan mudah di Google Play Store.

Namun, penggunaannya tidak kompatibel untuk semua perangkat. Beberapa perangkat yang didukung adalah Nexus, Google Play Edition, dan beberapa tipe gadget yang disesuaikan.

4. Nokia Z

Nokia Z

Nokia sempat menghebohkan pasar gadget ketika merilis Nokia X sebagai smartphone Android pertamanya. Tidak lama kemudian, Nokia juga merilis Nokia Z sebagai salah satu andalan untuk para pecinta Android.

Launcher yang dikeluarkan Nokia pada dasarnya memiliki fungsi dasar yang mirip dengan Aviate di atas.

Aplikasi ini akan menampilkan berbagai shortcut aplikasi yang tepat berdasarkan kebutuhan pengguna saat ini. Hal ini bergantung pada waktu dan lokasi Anda berada. Nokia Z menyediakan fitur yang dapat membantu produktivitas Anda.

Misalnya pengguna bisa mengetikkan huruf pertama aplikasi di kolom pencarian. Hal ini dapat membuat penggunaan perangkat lebih efisien.

Kebiasaan Anda terhadap penggunaan gadget akan direkam dengan baik, Nokia akan membuat algoritma yang dapat menyesuaikannya. Hingga akhirnya, launcher ini akan menyuguhkan tampilan yang sederhana tapi tetap teratur.

5. Buzz Launcher

Buzz Launcher

Aplikasi ini memang lebih sederhana dibanding dengan lainnya. Fitur utamanya adalah pengguna bisa memanfaatkan berbagai macam opsi kustomisasi menu standar. Namun, Buzz tetap memiliki keunggulan dibanding launcher sejenis.

Keunggulan tersebut adalah fitur custom library yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengunduh, dan menyimpan widget dan tema.

Meski memiliki tampilan sederhana, Buzz memiliki nilai fungsi yang bisa dieksplorasi secara mendalam. Pengguna yang menyukai tampilan estetik sangat direkomendasikan untuk memilih launcher Android ini.

Aplikasi ini dapat membuat perangkat Android menjadi lebih unik dan sesuai dengan selera.

6. Nova Launcher

Nova Launcher

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan kustomisasi tampilan Android, aplikasi ini bisa menjadi pilihan. Nova dikenal memiliki pengaturan kustomisasi yang sederhana dan mudah dipahami.

Oleh karena itu, pemula yang belum berpengalaman dengan aplikasi launcher tidak akan kebingungan untuk mengatur fitur-fitur di dalamnya.

Terdapat dua jenis Nova yang bisa dipilih, yaitu versi berbayar dan versi gratis. Jika Anda tidak ingin membayar biaya tambahan, versi gratis aplikasi ini sudah menyuguhkan berbagai fitur yang menakjubkan.

7. Apex

Apex

Launcher ini satu tipe dengan Nova. Bagi Anda yang masih pemula, aplikasi ini sangat cocok untuk dicoba. Hal ini karena Apex termasuk yang terbaik meskipun memiliki tampilanya cukup sederhana.

Apez menyediakan fitur standar dan kustomisasi yang bisa disesuaikan oleh pengguna. Salah satu keunikan Apex adalah kemampuannya untuk mengaktifkan tablet mode.

Artinya, pengguna dapat dengan mudah menginstall launcher ini di perangkat tablet tanpa ribet.

Jika menggunakan versi berbayar, Anda bisa menggunakan fitur Apex Notifier yang menjadi unggulan. Fitur ini akan menampilkan push notification untuk widget yang sering dipakai pengguna.

8. Action Launcher Pro

Launcher Terbaik Action Launcher Pro

Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang mencari launcher efisien. Hal ini karena adanya fitur quick-access yang dapat memungkinkan penggunanya mengakses aplikasi secara cepat.

Terdapat fitur yang dapat membuat widget, folder, dan membuka aplikasi tanpa membutuhkan waktu lama. Hanya saja, fitur-fitur tersebut hanya dapat dirasakan ketika pengguna menginstall versi berbayar.

9. Zeam

Zeam

Launcher terbaik Android berikutnya adalah Zeam. Keunggulan Zeam ini terletak pada keringanannya dan kemampuan memproses dengan cepat. Kecepatan performa ini menyebabkan Zeam memiliki kekurangan dibanding yang lainnya.

Salah satunya adalah fitur minimalis yang tidak bisa memanfaatkan berbagai macam opsi kustomisasi unik.

Meski demikian, aplikasi ini sangat layak dipilih bagi Anda yang menginginkan launcher berukuran ringan.

Selain itu, Zeam juga kompatibel untuk berbagai versi OS Android, bahkan untuk versi lawas sekalipun. Dan juga bisa berjalan dengan lancar di Android ICS, KitKat, Jelly Bean,dan Lollipop.

10. Next Launcher

Google Now Launcher

Next Launcher

Aplikasi ini menjadi salah satu yang terbaik karena keunikan fitur di dalamnya. Next Launcher menyediakan tampilan 3D untuk perangkat Anda.

Tentunya, fitur ini sangat unik karena jarang ditemui di aplikasi lainnya. Namun, fitur tersebutlah yang membuatnya cukup boros daya baterai.

Melakukan kustomisasi tampilan Android memang menjadi daya tarik tersendiri. Terutama bagi mereka yang bosan dengan tampilan standar.

Baca Juga:



Source link

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *